Bulog Diminta Jaga Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

Bulog Diminta Jaga Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

18
BERBAGI
Ilustrasi: Beras Bulog/setkab.go.id

Koran Sulindo – Harga pangan menjelang Lebaran pada tahun ini menjadi perhatian pemerintah. Untuk memastikan rakyat bisa mendapatkan pangan dengan harga murah, Presiden Joko Widodo mengingatkan peran Badan Urusan Logistik (Bulog).

Lembaga tersebut merupakan perwakilan negara yang bertugas untuk memastikan rakyat mendapatkan pangan. Itu yang diingatkan Jokowi atas keberadaan Bulog. “Ketahanan dan kedaulatan pangan menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia,” kata Jokowi di Jakarta seperti dikutip antaranews.com, Selasa (13/6).

Ia menuturkan, pangan merupakan soal hidup dan matinya bangsa. Selain menjamin ketersediaan dan harga yang terjangkau, juga memikirkan bagaimana petani produsen agar mereka bisa hidup sejahtera.

Di samping itu, kehadiran negara, kata Jokowi, juga penting dalam menjaga jalur distribusi komoditas pangan. Harus dipikirkan bagaimana rantai pasok pangan tidak terlalu panjang yang kerap kali membuat harga menjadi tinggi.

Menanggapi pernyataan Jokowi itu, Kepala Bulog Djarot Kusumayakti menyambutnya dengan baik. Karena pesan tersebut secara tersirat merupakan sebuah usulan untuk memperkuat peran Bulog dalam ketahanan pangan.

Oleh karena itu, usulan tersebut sedang dibahas bersama Kementerian Koordinator Perekonomian. Dalam rapat ini hadir Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Djarot Kusumayakti. [KRG]