Anniesa Hasibuan Akan Kembali Mengguncang New York

Anniesa Hasibuan Akan Kembali Mengguncang New York

73
BERBAGI
Anniesa Hasibuan

Koran Sulindo – Pada Selasa ini (14/2), perancang busana muslimah Anniesa Hasibuan akan menggelar koleksi rancangannya di ajang bergengsi New York Fashion Week (NYFW), Amerika Serikat. Tempatnya di Skylight Clarkson Gallery. Menurut Teti Nurhayati, CEO Indonesia Fashion Gallery sekaligus PR internasional Anniesa Hasibuan, ia akan mengusung tema “Drama” untuk 48 looks yang dibawa dengan kombinasi warna milenium.

“Pada kesempatan ini, Anniesa kembali tampil di ajang NYFW 2017, koleksi yang ditawarkan bertajuk ‘Drama’ dan tentunya baru dan sangat berbeda dari sebelumnya,” kata Teti, sebagaimana dikuti viva.co.id,  Senin (13/2).

Ini adalah kesempatan kedua bagi Anniesa untuk tampil di NYFW. Dan, ia adalah perancang busana pertama Indonesia yang mampu menembus ajang resmi NYFW, perhelatan yang diselenggarakan sejak 1943. Pada tahun 2017 ini, Anniesa mendapat kehormatan untuk melakukan peragaan busana tunggal.

Tahun 2016 lalu, dengan mengusung tema “D’jakarta”, Anniesa mendapatkan standing ovation lebih dari 1.500 orang tamu NYFW, yang penuh sesak memenuhi ruangan The Dock, Skylight Moynihan Station, New York. Pemberitaan tentang pergelaran busana “D’jakarta” pun menjadi viral. Media-media internasional pun mengulas show ini, antara lain Harper’s Bazaar, Teen Vogue, dan The Huffington Post. Bahkan, Harper’s Bazaar memasukkan nama Anniesa Hasbuan masuk dalam daftar momen terbaik perempuan di dunia tahun 2016.

Nicole Doswell dari top agensi New York, Riviere Agency, mengaku senang melihat Anniesa menjadi desainer Indonesia pertama yang tampil di NYF. Sementara itu, kritikus mode di New York dan Paris, David Serero, memuji rancangan Anniesa. “Bagus sekali. Ini bukan hanya sebuah detail dari mode, tapi sebuah karya seni, kombinasi antara traditional fashion dengan modern muslim. Saya datang ke berbagai pertunjukkan di NYFW, tapi saya tidak pernah melihat ada desainer yang menerima standing ovation seperti Anniesa,” kata Serero, sebagaimana dikutip voaindonesia.com, 14 September 2016 lalu.

Media itu juga mengungkapkan, Anniesa diundang do ajang bergengsi tersebut karena karya-karya awalnya hanya dikenal dikalangan industri couture fashion yang digelar di kota yang sama. “Pertama, aku show di Couture Fashion Week, aku ikut sampai dua atau tiga kali. Ada event organizer dari Couture Fashion Week menyarankan untuk maju ke ajang yang lebih bergengsi lagi, yaitu New York Fashion Week The Show. Artinya, ini adalah main show dari seluruh rangkaian fashion week. Ini top level-nya”, kata Anniesa, yang berpandangan New York memiliki pasar industri muslim yang bagus.

Setelah melihat karya sebelumnya di New York Couture Fashion dengan tema “Pearl Asia”, tambahnya, produser dari NYFW sangat tertarik. “Lalu, kami diajak ikut kurasi, presentasi, dan sebagainya. Hasilnya di luar dugaan: mereka sangat senang karena, menurut mereka, ini adalah pertama kali pertama modest wear ada di New York Fashion Week,” ungkap Anniesa, yang mulai menjual rancangannya di butik Indonesia Fashion Gallery (IFG) di Kota New York.

Kritikus dan kurator fashion dari majalah Global Glam, Megan Gallhehar, mengaku terpukau dengan rancangan busana muslimah karya Anniesa Hasibuan. “Saya tidak mengenal desainer ini. Namun, saat melihat koleksi rancangannya, luar biasa. Sangat indah. Saya sangat menyukai kombinasi warna biru dan detailnya,” ujarnya.

Adapun fashion blogger Rania Habeggar dari Artitute Website mengaku sangat menyukai pattern dari jahitan busana Anniesa. “Saya pikir Anniesa akan sukses di New York karena publik sekarang menyukai hal-hal yang detail. Mereka ingin mendapatkan desain yang unik,” kata Rania. [PUR]