6 Pembaruan di Google Home

6 Pembaruan di Google Home

20
BERBAGI

Koran Sulindo – Google akan melakukan enam pembaruan pada Google Home. Tapi, memang, belum dijelaskan kapan pembaruan tersebut akan dilansir ke publik.

Pembaruan pertama adalah adanya fitur yang disebut “bantuan proaktif”. Fitur ini akan memberi tahu pengguna berbagai hal yang diperlukan, seperti pengingat jadwal, lalu lintas, dan pembatalan penerbangan.

Bila ada peringatan, Google Home akan mengeluarkan cahaya berputar, tanpa suara. Pengguna cukup mengatakan “OK Google, ada apa?” untuk mendengarkan notifkasi-nya.

Pembaruan kedua: panggilan gratis Google Home di Amerika Serikat dan Kanada memungkinkan penggunanya tersambung ke nomor pesawat telepon dan ponsel yang ada di daftar kontak. Fitur panggilan gratis ini hanya tersedia untuk pengguna di dua negara itu untuk sekarang.

Pembaruan ketiga: kalender dan pengingat. Pengguna kini dapat memasang pengingat jadwal di kalender.

Pembaruan keempat: layanan streaming Google Home akan memiliki kemampuan memutar layanan musik dan video dan akan semakin bertambah daftarnya. Untuk musik, Home dapat tersambung ke Spotify, Deezer, dan Soundcloud.  Penggemar video juga akan dapat menikmati HBO Now dan Hulu. Selain itu, pengguna akan dapat menikmati streaming melalui Bluetooth.

Pembaruan kelima: televisi interface. Google membuat tampilan antarmuka televisi agar pengguna dapat mengirim informasi ke televisi mereka, seperti informasi cuaca dan kalendar. Pengguna juga dapat mencari restoran terdekat atau video YouTube yang ingin ditonton.

Pembaruan keenam. lokasi baru. Google Home memperluas area mereka ke lima negara baru pada musim panas ini: Kanada, Australia, Prancis, Jerman, dan Jepang.

Sebelumnya, Google juga telah meluncurkan layanan YouTube TV di beberapa kota di Amerika Serikat. Menurut Phone Arena, layanan itu baru tersedia untuk New York, Los Angeles, San Francisco Bay Area, Chicago, dan Philadelphia.

Kendati begitu, pihak Google menyatakan layanan itu akan segera tersedia untuk pasar lain di Amerika Serikat. Layanan televisi berbayar ini bisa dinikmati dengan iuran US$ 35 per bulan, setengah harga leih murah dari pada layanan televisi kabel di sana.

Yang ditawarkan YouTube TV antara lain live streaming dari ABC, CBS, FOX, NBX, ESPN, Fox Sport Newtworks, dan COmcast SportsNet. Pengguna juga dapat menyaksikan acara berita dan olahraga dari stasiun televisi lokal berdasarkan lokasi tempat tinggal mereka. YouTube TV juga menayangkan saluran tradisional kabel, seperti FX, USA, Disney Channel, Bravo, MSNBC, dan Fox News.

Iuaran US$ 35 dolar itu juga sudah termasuk DVR cloud, dengan kapasitas penyimpanan tidak terbatas. Dengan begitu, pengguna dapat merekam acara dalam waktu yang bersamaan. Siaran televisi ini itu dapat dinikmati melalui komputer, tablet, atau ponsel. Juga melalui Google Chromecast. [RAF]